jump to navigation

Perbudakan Bangsa dan Bahasa February 27, 2009

Posted by rachmaona in 1.
trackback

Ada satu kejadian lucu beberapa yang  waktu lalu….

salah seorang rekan yang tengah mempresentasikan cara penjualan produknya, berkata demikian…

I  promote my product mouth to mouth…..”

Sontak saja, mentor manajemen yng bertugasa saat itu langsung turun tangan. Setelah rekan saya menyelesaikan presentasinya, beliau menjelaskan bahwa  promosi penjualan secara mulut ke mulut jika ditranslate ke dalam bahasa Inggris akan menjadi “word of mouth” dan bukan “mouth to mouth” . Walaupun dalam ranah bahasa Indonesia benar, tetapi menjadi tidak benar jika dialihkan ke bahasa Inggris, sebab kesan yang ditimbulkan akan menjadi kurang sopan.

Bahasa adalah  salah satu alat komunikasi verbal yang berfungsi menerjemahkan pesan dan informasi dari peng-encode (narasumber).  Secara sederhana kesuksesan penyampaian pesan melalui bahasa adalah….saat si penerima pesan mengerti isi pesan yang disampaikan oleh si pengirim.

Begitu sakralnya bahasa dalam komunikasi menjadikan pentingnya penguasaan bahasa asing. Tak hanya itu, bahkan kemampuan bahasa juga dijadikan tolok ukur kapabilitas seseorang. Mau bukti…..Coba sekali-kali perhatikan kolom lowongan kerja di koran. Bahasa Inggris dan Mandarin adalah syarat kunci diterimanya seseorang dalam proses recruitment.

Mengapa demikian????

Ilmu pengetahuan dan informasi yang menjadi aset dunia global saat ini, sebagian besar beredar dalam versi Inggris. Semua itu berawal dari penguasaan informasi dan pengetahuan oleh barat, yang mengakibatkan mereka unggul dalam berbagai bidang. 

Saya sering mendengar teman-teman berkata demikian…

Emang dasarnya Indonesia aja yang ga jelas….pemerintahnya ga beres banyak KKN…dan umpatan-umpatan lainnya.

Memang kenyataannya Indonesia itu bak tikus mati dalam lumbung padi….Namun walau dicerca habis-habisan, saya tetap dan sangat yakin bahwa sebenarnya SDM Indonesia itu unggul, walaupun kini dalam kondisi yang amat sangat terpuruk, hingga para TKI di Indonesia sering diperlakukan kurang baik di luar negeri.

Bukan SDM nya yang kurang pinter,  sebab belum ada satu penelitian pun yang mengatakan bahwa IQ orang Indonesia itu rendah. Buktinya Yohanes Surya berhasil mengantar Putra Indonesia meraih kursi kehormatan di Olimpiade Sains Fisika.

Akses terhadap Informasi dan pengetahuan lebih menjadi alasan kuat dalam kasus rendahnya SDM Indonesia.  SDM Indonesia itu mengalami kelangkaan informasi. Bayangkan bagaimana bisa unggul kalau pencarian informasi bak mencari air di padang pasir. Mau bukti lagi….

Kemarin saya mendapat tugas untuk menganalisis peluang bisnis dalam perekonomian Indonesia Global. Saya sangat terhenyak  sat mentor saya memberi sejumlah bahan berbentuk e-book yang semuanya dikemas dalam versi Inggris. Ketika saya membacanya, ternyata sangat sesuai dengan dugaan saya. Isinya sangat lengkap dan detail. Namun bahasanya terlalu tinggi hingga saya berkali-kali membuka kamus untuk memahami ide pokok yang disampaikan.

Sekarang mari kita refleksikan…Bukankah pengembangan kapasitas berawal dari analisa kelemahan dan kelebihan diri sendiri. Lalu, Kapan kita maju kalau untuk mengenali potensi diri sendiri harus buka catatan tetangga? Inilah yang akhirnya saya namakan Perbudakan Bangsa dan Bahasa.  Mau seratus kali enterepreneur didengungkan, kalau untuk melakukan brainstorming saja harus terhalang oleh bahasa bagaimana bisa menganalisis….

Kini tercetus suatu ide baru, mungkin sebaiknya saya harus mengkaji ilmu bahasa tentang pemaknaan kata asing. Jadi tidak perlu lagi terjadi Assymetri Information…

duh mahalnya Informasi…..

Advertisements

Comments»

1. umy - February 28, 2009

ehemmm…blog baru ni yeh…
hoho slamad yah! ^^
betul BAHASA itu penting…KOMUNIKASI itu PENTING…itulah DASAR dari segala ilmu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: